5 tips and trick dalam belajar yang MUDAH untuk diterapkan

Assalamu'alaikum...
Halo semua. Ini blog pertamaku, namaku Kaisha Nasywa As-Syagaf Tumangger. Aku lahir di Jakarta, 24 Juni 2005. Aku anak pertama dari tiga bersaudara. Hobiku membaca, menggambar, dan menyanyi walaupun kadang nyanyianku terkesan suka gak jelas tapi itu semua hobiku. Sekarang aku kelas 2 SMP di SMPN 04 Kota Tangerang Selatan. Untuk umurku yang baru menginjak 12 tahun itu hal yang tidak biasa karena aku sudah menginjak kelas 2 SMP. Itu semua karena aku masuk SD pada umur 5 tahun dan aku mengikuti kelas akselerasi atau percepatan di SMP, sehingga aku hanya perlu waktu 2 tahun untuk menyelesaikan SMP ku.

Menjadi murid aksel atau akselerasi memang tidak mudah, jika murid lain belajarnya sambil berjalan kita belajar sambil berlari. Anak akselerasi akan selalu dikejar oleh waktu. Tetapi alhamdulillah aku dapat mengejar dan mengikuti pelajaran dengan baik, seringkali aku mendapat ranking satu di kelas. Untuk menjadi ranking satu sebenarnya mudah, tetapi mempertahankannya susah. Aku punya tips agar kita dapat belajar dengan baik dan menjadi yang terbaik di kelas, ini beberapa contoh tipsnya:

A. Dengarkan apa yang diajarkan oleh guru di kelas:
Jangan mengobrol apalagi tertidur di dalam kelas pada saat pelajaran berlangsung, karena jika tidak kamu akan melewatkan hal-hal penting yang disampaikan guru di kelas.

B. Catat semua hal penting yang disampaikan guru:
Pada saat mendengarkan guru, pasti kalian akan mendengar hal penting yang disampaikan guru. Segera catat karena biasanya hal hal seperti itu akan membantu kalian dalam belajar dan menjaga kalian agar tidak lupa pada pelajaran itu. Memang biasanya guru sudah menuliskan apa yang harus kalian catat di papan tulis, tetapi catatan kalian harus mempunyai sesuatu yang lebih dari teman kalian, itu yang membuat kalian lebih maju.

Hasil gambar untuk gambar belajarC. Ulang apa yang kalian sudah pelajari setelah pulang sekolah:
 Jangan menggunakan sistem kebut semalam atau kalian baru belajar jika besok ada ulangan. Sebenarnya kalian juga bisa mendapat nilai bagus dengan sistem itu, tetapi kalian akan sulit menghafal dan belajar hingga larut malam dan itu dapat mengurang konsentrasi kalian di sekolah karena kalian mengantuk. Jika kalian sudah terbiasa menghafal dan mengulang-ulangnya pasti pelajaran itu akan terasa lebih mudah untuk dihafal dan dipelajari.

D. Senangi pelajaran yang menurut kalian susah:
Karena dengan cara itu, belajar pelajaran yang sulit akan terasa lebih menyenangkan karena kalian menyukainya.

E. Temukan cara belajar kalian sendiri:
Karena dengan mengetahui cara belajar terbaik untuk diri kita sendiri, belajar akan lebih mudah dan menyenangkan.

Jika kalian sudah dapat menjadi yang terbaik di kelas aku punya beberapa tips agar dapat mempertahankannya :
-Jangan cepat merasa puas.
-Jangan beranggapan bahwa kamu sudah menjadi yang terbaik di kelas sehingga tidak ada yang dapat mengalahkanmu.
-Jaga kesehatan, dan konsentrasi saat belajar. Sehingga apa yang diajarkan dapat dengan mudah dipahami. 
-Selalu belajar dan semangatlah.

Aku mau membagikan beberapa quotes tentang belajar:
Hasil gambar untuk gambar belajar

“Jika kau perhatikan, sebenarnya kau akan belajar sesuatu setiap hari.”


“Waspadalah terhadap manusia yang bekerja keras mempelajari sesuatu, dan menemukan dirinya tidak lebih bijak dari sebelumnya.”

   “Tidak berat untuk belajar lebih banyak. Yang berat adalah untuk mempelajari ulang sesuatu ketika kau menyadari bahwa kau sendiri salah.”
   "Kepandaian mungkin dapat mengantarmu ke puncak, tetapi karakterlah yang membuatmu tetap berada di sana"

Itu adalah beberapa pengalaman dan tipsku dalam menghadapi pelajaran. Hanya ini yang dapat aku bagikan kepada kalian. Terima kasih karena sudah membacanya dan sampai jumpa di lain waktu.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh... 

    


















Komentar